LAPORAN
PROGRAM
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SEMESTER
I TAHUN 2012
/ 2013
DI
SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA
Oleh
:
1.
ULFIANA LAILI 11309023
2.
PRABOWO PUTRA A. 11309033
3.
NASRIYYA IZZAH 11308073
4.
KHAFIDZ SETIAWAN 11109008
5.
ANA MALIYA 11109065
6.
NINA WIDIANA 11109091
7.
MUTI’AH RETNA W. 11109143
8.
AHMAD SUROJI 12109001
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM NEGERI (STAIN)
SALATIGA
2012
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan ini disusun
sebagai tugas ahkir dari Program Pengalaman Lapangan (PPL) Semester I Tahun
Ajaran 2011/2012 di SMK Muhammadiyah
Salatiga yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Salatiga Jurusan Tarbiyah.
Disetujui dan disahkan
pada :
Hari :
Tanggal :
Oleh:
Salatiga, September
2012
Kepala Sekolah Wakakurikulum
SMK Muhammadiyah Salatiga SMK
Muhammadiyah Salatiga
Drs. SURONO, M.Pd. Drs. HARIS PRIHANTOMO, M.Pd.
NIP. NIP.
Dosen Pembimbing Lapangan
Drs. DJUZ’AN
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala
Kuasa-Nya sehingga penulis dapat mengikuti dan menyelesaikan Program Pengalaman
Lapangan (PPL) semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012 di SMK Muhammadiyah
Salatiga.
Laporan ini disusun
dalam rangka memenuhi persyaratan guna menyelesaikan studi program S1 di
Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga untuk
mempersiapkan menghadapi dunia kerja dalam bidang pendidikan.
Dalam pelaksanaan PPL
dan penyusunan laporan ini, penulis tidak lepas dari dukungan berbagai pihak
yang telah membantu dari awal hingga ahkir. Atas segala bantuan dan dukungan
tersebut, penulis ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada :
1.
Bapak Imam
Sutomo, M.Ag, selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
2.
Ibu Maslikhatul
Umami, S.Pd.I, M.A selaku Kaprogdi Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
3.
Ibu Siti Asdiqoh, selaku Kaprogdi Pendidikan Agama Islam,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
4.
Bapak Surono selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Salatiga
yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan PPL di SMK
Negeri 2 Salatiga.
5.
Bapak Haris Prihantomo, selaku Wakakurikulum
SMK Muhammadiyah
Salatiga
yang telah memberika arahan serta bimbingan kepada penulis selama melaksanakan
PPL di SMK Muhammadiyah Salatiga.
6.
Bapak Djuz’an, selaku
Dosen Pembimbing Lapangan, yang bersedia memberikan waktu, bimbingan, dan
pengarahan hingga terselesaikannya laporan PPL ini.
7.
Bapak Muhammad Busri, Bapak Amir Hafilin dan Ibu Risda Melasari selaku
guru pamong yang telah banyak memberikan bimbingan, saran pengarahan, masukan,
dan kritik yang sangat berharga bagi penulis selama mengikuti Program
Pengalaman Lapangan.
8.
Segenap guru,
staf dan karyawan SMK Muhammadiyah Salatiga yang telah
bekerja sama dengan baik sehingga membantu kelancaran penulis melaksanakan PPL.
9.
Bapak, ibu dosen
jurusan tarbiyah yang memberikan dukungan dan ilmu kepada penulis.
10.
Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Salatiga
yang telah banyak membantu, memberi saran serta kerjasama yang sangat baik
kepada penulis selama pelaksanaan PPL.
11.
Segenap pihak
yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang turut terlibat dalam
pelaksanaan PPL bagi penulis di SMK Muhammadiyah
Salatiga.
Penulis
menyadari masih banyak kekurangan serta keterbatasan kemampuan baik dalam
pelaksanaan maupun penulisan laporan PPL ini. Untuk itu, penulis mengharap
kritik dan saran yang bersifat membangun bagi perbaikan penulis. Apabila dalam
penyusunan laporan ini ada kata-kata yang kurang berkenan dihati pembaca,
penulis mohon maaf sebesar-besarnya.
Akhirnya
penulis berharap, kiranya laporan ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian dan
sekaligus bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Salatiga, 15 September 2012
Praktikan
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................................... i
KATA PENGANTAR .................................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................................. iii
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL .......................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang PPL ................................................................................................... 1
B.
Waktu dan Pelaksanaan PPL ...................................................................................... 2
C.
Tujuan PPL ................................................................................................................. 2
D.
Gambaran umum SMK Muhammadiyah
Salatiga ...................................................... 3
BAB II PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PPL
A.
Persiapan Sebelum Pelaksanaan PPL ....................................................................
B.
Pelaksanaan PPL ....................................................................................................
BAB III PENGALAMAN PPL
A. Pengalaman PPL ....................................................................................................
B. Manfaat PPL ..........................................................................................................
C.
Kendala yang Dihadapi .........................................................................................
D.
Upaya Mengatasi Kendala ....................................................................................
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................................................
B.
Saran ......................................................................................................................
DAFTAR
LAMPIRAN
Ø Lampiran
1. Struktur Organisasi
Ø Lampiran
2. Pengamatan Lingkungan Sekolah
Ø Lampiran
3. Kalender Akademik
Ø Lampiran
4. Daftar Hadir Siswa
Ø Lampiran
5. Daftar Nilai Siswa
Ø Lampiran
6. Pembagian Tugas Mengajar
Ø Lampiran
7. Jadwal Pelajaran
Ø Lampiran
8. Silabus
Ø Lampiran
9. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Ø Lampiran
10. Dokumentasi
Ø Lampiran
11. Format Penilaian
DAFTAR
TABEL
Ø TABEL
1. Tabel Konsultasi dan Monitoring
Ø TABEL
2. Tabel Jadwal Mengajar
Ø TABEL
3. Tabel Jurnal Kegiatan Harian
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Program Pengalaman Lapangan (PPL)
Setiap
manusia yang lahir ke dunia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Upaya pengembangan
manusia adalah perkembangan setiap potensial yang dimilikinya agar menjadi
manusia yang setimbang dalam berbagai aspek.
Salah
satu upaya pengembangan potensial manusia adalah melalui pendidikan. Pendidikan
Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia beriman dan bertaqwa kepada
pengembangan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan
ketrampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap dan mandiri, serta
memiliki rasa bertanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa (UUSPN, 2003).
Berdasarkan
tujuan pendidikan nasional tersebut, maka pendidikan harus dilaksanakan sesuai
peraturan yang berlaku sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan
baik. Ketercapaian tujuan erat kaitannya dengan pendidik sebagai tenaga
pengajar yang merupakan salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar di
sekolah. Kompetensi yang dimiliki pendidik (guru) sebagai tenaga kependidikan
turut berperan dalam keberhasilan pendidikan.
Oleh
sebab itu diadakannya PPL mahasiswa S1 Jurusan Tarbiyah dari program studi
Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam karena program ini
dirancang untuk membekali kemampuan, mengajar yang utuh dan terintegrasi bagi
calon guru. Kemampuan yang diperoleh dari program ini diharapkan dapat
menampakkan wajah kependidikan bagi calon guru terutama calon guru Bahasa Inggris
dan calon guru Agama Islam. Mahasiswa yang mengikuti PPL adalah mahasiswa yang
memperoleh minimal 120 sks dengan IP minimal 2,0. Dan mahasiswa yang sudah
mengambil dan lulus untuk mata kuliah micro teaching sebagai syarat PPL.
PPL
dilaksanakan sesudah mahasiswa dianggap mendapatkan bekal yang menandai dalam
berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru. PPL dapat
disamakan dengan latihan kerja (job training) bagi tenaga terlatih atau
masa magang bagi tenaga ahli. Itu berarti bahwa PPL adalah suatu program yang
dirancang bagi yang kelak dapat digunakan untuk mengembangkan tugas sebagai
guru profesional, kreatif, aktif, dan berkompeten serta mempunyai kesadaran
penuh sebagai pendidik. Selain itu, menciptakan guru masa depan yang dapat mengajarkan
konsep dan membawakan pelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam yang aktif,
kreatif, dan menyenangkan, serta menciptakan peneliti dan pengembangan
pembelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam.
B.
Waktu
dan Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan (PPL)
Waktu pelaksanaan PPL : 23
Juli 2011 – 15
September 2012
Tempat Pelaksanaan PPL :
SMK Muhammadiyah
Salatiga
C.
Tujuan
Program Pengalaman Lapangan (PPL)
PPL
ini mempunyai 2 jenis tujuan, yaitu umum dan tujuan khusus, adapun penjabaran
tujuan tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Tujuan umum dari
PPL adalah memberikan latihan bagi mahasiswa calon guru agar melaksanakan tugas
sebagai guru.
2.
Tujuan khusus
dari PPL adalah agar para calon guru :
a.
Mengenal secara
cermat lingkungan fisik, administratif, dan akademik sosial sekolah yang
merupakan tempat kerjanya kelak.
b.
Mampu menerapkan
berbagai kemampuan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi dunia nyata
dibawah bimbingan para pembimbing (guru pamong dan dosen pembimbing).
c.
Mampu
menciptakan dan membawakan pembelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam yang
aktif, kreatif, serta menyenangkan bagi siswa di bawah naungan para pembimbing.
d.
Mampu
mengkomunikasi secara fleksibel yang ada di pikiran kepada siswa.
e.
Mampu
mengajarkan Bahasa Inggris dan Agama Islam secara utuh, konseptual, dan
pragmatis dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berpusat
kepada siswa.
f.
Menciptakan
calon guru yang menyukai perkembangan dan menjadi praktisi pengembangan
pembelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar