Sabtu, 22 September 2012

Contoh Laporan PPL


LAPORAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SEMESTER I TAHUN 2012 / 2013
DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA
 




Oleh :
1.      ULFIANA LAILI                   11309023
2.      PRABOWO PUTRA A.         11309033
3.      NASRIYYA IZZAH               11308073
4.      KHAFIDZ SETIAWAN         11109008
5.      ANA MALIYA                       11109065
6.      NINA WIDIANA                    11109091
7.      MUTI’AH RETNA W.                       11109143
8.      AHMAD SUROJI                  12109001

JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SALATIGA
2012




LEMBAR PENGESAHAN


Laporan ini disusun sebagai tugas ahkir dari Program Pengalaman Lapangan (PPL) Semester I Tahun Ajaran 2011/2012 di SMK Muhammadiyah Salatiga yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga Jurusan Tarbiyah.


Disetujui dan disahkan pada :
              Hari            :
              Tanggal      :


Oleh:

                                                                                               Salatiga,      September  2012
                           
                Kepala Sekolah                                                                 Wakakurikulum
    SMK Muhammadiyah Salatiga                                         SMK Muhammadiyah Salatiga




Drs. SURONO, M.Pd.                                              Drs.  HARIS PRIHANTOMO, M.Pd.
NIP.                                                                                NIP.                                          

Dosen Pembimbing Lapangan




Drs. DJUZ’AN

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Kuasa-Nya sehingga penulis dapat mengikuti dan menyelesaikan Program Pengalaman Lapangan (PPL) semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012 di SMK Muhammadiyah Salatiga.
Laporan ini disusun dalam rangka memenuhi persyaratan guna menyelesaikan studi program S1 di Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga untuk mempersiapkan menghadapi dunia kerja dalam bidang pendidikan.
Dalam pelaksanaan PPL dan penyusunan laporan ini, penulis tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yang telah membantu dari awal hingga ahkir. Atas segala bantuan dan dukungan tersebut, penulis ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada :
1.         Bapak Imam Sutomo, M.Ag, selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
2.         Ibu Maslikhatul Umami, S.Pd.I, M.A selaku Kaprogdi Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
3.         Ibu Siti Asdiqoh, selaku Kaprogdi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
4.         Bapak Surono selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Salatiga yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan PPL di SMK Negeri 2 Salatiga.
5.         Bapak Haris Prihantomo, selaku Wakakurikulum SMK Muhammadiyah Salatiga yang telah memberika arahan serta bimbingan kepada penulis selama melaksanakan PPL di SMK Muhammadiyah Salatiga.
6.         Bapak Djuz’an, selaku Dosen Pembimbing Lapangan, yang bersedia memberikan waktu, bimbingan, dan pengarahan hingga terselesaikannya laporan PPL ini.
7.         Bapak Muhammad Busri, Bapak Amir Hafilin dan Ibu Risda Melasari selaku guru pamong yang telah banyak memberikan bimbingan, saran pengarahan, masukan, dan kritik yang sangat berharga bagi penulis selama mengikuti Program Pengalaman Lapangan.
8.         Segenap guru, staf dan karyawan SMK Muhammadiyah Salatiga yang telah bekerja sama dengan baik sehingga membantu kelancaran penulis melaksanakan PPL.
9.         Bapak, ibu dosen jurusan tarbiyah yang memberikan dukungan dan ilmu kepada penulis.
10.     Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Salatiga yang telah banyak membantu, memberi saran serta kerjasama yang sangat baik kepada penulis selama pelaksanaan PPL.
11.     Segenap pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang turut terlibat dalam pelaksanaan PPL bagi penulis di SMK Muhammadiyah Salatiga.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan serta keterbatasan kemampuan baik dalam pelaksanaan maupun penulisan laporan PPL ini. Untuk itu, penulis mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun bagi perbaikan penulis. Apabila dalam penyusunan laporan ini ada kata-kata yang kurang berkenan dihati pembaca, penulis mohon maaf sebesar-besarnya.
Akhirnya penulis berharap, kiranya laporan ini akan bermanfaat bagi pembaca sekalian dan sekaligus bagi pihak-pihak yang berkepentingan.






                                                                                                        Salatiga, 15 September  2012



                                                                                                                        Praktikan










DAFTAR  ISI

LEMBAR PENGESAHAN  ...........................................................................................   i
KATA PENGANTAR  ....................................................................................................   ii
DAFTAR ISI  ..................................................................................................................   iii
DAFTAR LAMPIRAN  ..................................................................................................   iv
DAFTAR TABEL  ..........................................................................................................   v

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang PPL  ...................................................................................................   1
B. Waktu dan Pelaksanaan PPL  ......................................................................................   2
C. Tujuan PPL  .................................................................................................................   2
D. Gambaran umum SMK Muhammadiyah Salatiga  ......................................................   3
BAB II PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PPL
A. Persiapan Sebelum Pelaksanaan PPL  ....................................................................
B. Pelaksanaan PPL  ....................................................................................................
BAB III PENGALAMAN PPL
A. Pengalaman PPL  ....................................................................................................
B. Manfaat PPL  ..........................................................................................................
C. Kendala yang Dihadapi  .........................................................................................
D. Upaya Mengatasi Kendala  ....................................................................................
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan  ............................................................................................................
B. Saran  ......................................................................................................................



DAFTAR LAMPIRAN

Ø  Lampiran 1. Struktur Organisasi
Ø  Lampiran 2. Pengamatan Lingkungan Sekolah
Ø  Lampiran 3. Kalender Akademik
Ø  Lampiran 4. Daftar Hadir Siswa
Ø  Lampiran 5. Daftar Nilai Siswa
Ø  Lampiran 6. Pembagian Tugas Mengajar
Ø  Lampiran 7. Jadwal Pelajaran
Ø  Lampiran 8. Silabus
Ø  Lampiran 9. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Ø  Lampiran 10. Dokumentasi
Ø  Lampiran 11. Format Penilaian


DAFTAR TABEL

Ø  TABEL 1. Tabel Konsultasi dan Monitoring
Ø  TABEL 2. Tabel Jadwal Mengajar
Ø  TABEL 3. Tabel Jurnal Kegiatan Harian






























BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Program Pengalaman Lapangan (PPL)
Setiap manusia yang lahir ke dunia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Upaya pengembangan manusia adalah perkembangan setiap potensial yang dimilikinya agar menjadi manusia yang setimbang dalam berbagai aspek.
Salah satu upaya pengembangan potensial manusia adalah melalui pendidikan. Pendidikan Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia beriman dan bertaqwa kepada pengembangan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap dan mandiri, serta memiliki rasa bertanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa (UUSPN, 2003).
Berdasarkan tujuan pendidikan nasional tersebut, maka pendidikan harus dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Ketercapaian tujuan erat kaitannya dengan pendidik sebagai tenaga pengajar yang merupakan salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kompetensi yang dimiliki pendidik (guru) sebagai tenaga kependidikan turut berperan dalam keberhasilan pendidikan.
Oleh sebab itu diadakannya PPL mahasiswa S1 Jurusan Tarbiyah dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam karena program ini dirancang untuk membekali kemampuan, mengajar yang utuh dan terintegrasi bagi calon guru. Kemampuan yang diperoleh dari program ini diharapkan dapat menampakkan wajah kependidikan bagi calon guru terutama calon guru Bahasa Inggris dan calon guru Agama Islam. Mahasiswa yang mengikuti PPL adalah mahasiswa yang memperoleh minimal 120 sks dengan IP minimal 2,0. Dan mahasiswa yang sudah mengambil dan lulus untuk mata kuliah micro teaching sebagai syarat PPL.
PPL dilaksanakan sesudah mahasiswa dianggap mendapatkan bekal yang menandai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru. PPL dapat disamakan dengan latihan kerja (job training) bagi tenaga terlatih atau masa magang bagi tenaga ahli. Itu berarti bahwa PPL adalah suatu program yang dirancang bagi yang kelak dapat digunakan untuk mengembangkan tugas sebagai guru profesional, kreatif, aktif, dan berkompeten serta mempunyai kesadaran penuh sebagai pendidik. Selain itu, menciptakan guru masa depan yang dapat mengajarkan konsep dan membawakan pelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, serta menciptakan peneliti dan pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam.

B.            Waktu dan Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan (PPL)
Waktu pelaksanaan PPL            :  23 Juli 2011 – 15 September 2012
Tempat Pelaksanaan PPL          :  SMK Muhammadiyah Salatiga

C.           Tujuan Program Pengalaman Lapangan (PPL)
PPL ini mempunyai 2 jenis tujuan, yaitu umum dan tujuan khusus, adapun penjabaran tujuan tersebut adalah sebagai berikut :
1.        Tujuan umum dari PPL adalah memberikan latihan bagi mahasiswa calon guru agar melaksanakan tugas sebagai guru.
2.        Tujuan khusus dari PPL adalah agar para calon guru :
a.          Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, dan akademik sosial sekolah yang merupakan tempat kerjanya kelak.           
b.         Mampu menerapkan berbagai kemampuan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi dunia nyata dibawah bimbingan para pembimbing (guru pamong dan dosen pembimbing).
c.          Mampu menciptakan dan membawakan pembelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam yang aktif, kreatif, serta menyenangkan bagi siswa di bawah naungan para pembimbing.
d.         Mampu mengkomunikasi secara fleksibel yang ada di pikiran kepada siswa.
e.          Mampu mengajarkan Bahasa Inggris dan Agama Islam secara utuh, konseptual, dan pragmatis dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berpusat kepada siswa.
f.          Menciptakan calon guru yang menyukai perkembangan dan menjadi praktisi pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris dan Agama Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar