Rabu, 12 September 2012

LESSON PLAN (Handling Guest)




SMP/MTs                    : SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : XI/I
Tema                           : Handling Guest
Waktu                         : 2x45 Menit

Standar Kompentensi
2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary

Kompentensi Dasar
2.1 Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur pribadi.

Indikator
Berbagai bentuk dan ungkapan yang digunakan dengan tepat untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll diperagakan dengan benar.

I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.          Dengan metode tanya jawab, siswa dapat menyebutkan dan mendiskripsikan berbagai ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll dengan tepat dan benar
b.    Dengan metode diskusi, siswa dapat memahami ungkapan yang digunakan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll dengan tepat dan benar
c.   Dengan metode penugasan, siswa dapat menggunakan berbagai bentuk dan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll dengan tepat dan benar



II. Materi Pembelajaran
HANDLING GUEST
Handling Guest in a Shop
1.      Can I help you? 
2.      What can I do for you, Sir/ Madam?
3.      May I help You?
4.      Which one fixes you?
5.      Which one do you like?
Handling Guest in a Hotel
1.      Welcome to our Hotel.
2.      I am sure you will enjoy your stay here.
3.      We have some facilities ror our guest.
4.      What sort of room do you need.
5.      I am sorry, the rooms are booked.
Handling Guest in a Restaurant
1.      Welcome to our Restaurant
2.      I hope you enjoy the food
3.      What kind of...do you like?
4.      How about the drink?
5.      We have special menu today
Handling Guest in a Agency
1.      We have some tour program to Bali.
2.      Please come and report to use an hour before depature.
3.      What sort of ticket do you need?
4.      Which seat do you like, the economy bus or executive?
5.      We have special package tour for next holiday.
III.  Karakter

1.      Mandiri
2.      Jujur
3.      Percaya diri
4.      Disiplin
5.      Kreatif
6.      Bekerja sama
7.      Santun
8.      Berfikir logis

IV. Metode Pembelajaran
  1. Latihan
  2. Tanya Jawab dan Diskusi

V. Langkah- Langkah Kegiatan Pembelajaran :
A.    Kegiatan Awal 10’
·         Guru memberikan salam kepada siswa
·         Guru memeriksa kehadiran siswa
·         Guru memberikan tanya jawab kepada siswa berdasarkan gambar tentang Guest Handling
·         Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti :
Eksplorasi: 10’
§  Guru  memberikan text fungsional dengan menggunakan kosa kata resmi dalam bentuk dialog
§  Siswa diminta untuk membaca dialog tentang Guest Handling
§  Siswa diperkenalkan dengan kata-kata dan ekspresi yang digunakan untuk berbicara tentang Guest Handling
§  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, berpasangan terdiri dari 2 orang
Elaborasi: 30’
§  Siswa berdiskusi sesuai dengan instruksi guru
§  Siswa diarahkan untuk membangun dialog berbicara tentang Guest Handling
§  Siswa berlatih membuat dialog tentang Guest Handling dengan teman.
§  Siswa diminta untuk mempraktikan dialog mereka di depan kelas
Konfirmasi: 30’
§  Guru mengevaluasi kinerja mereka, memberi komentar dan koreksi
§  Guru mengklarifikasi hasil diskusi dan menyimpulkannya
§  Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami Guest Handling
§  Guru mengevaluasi
Kegiatan akhir 10’
§  Guru memberikan tugas rumah (PR)


VI. Sumber/Media Belajar
Sumber               : Buku The Universe Of English 2 Elementary Level for SMK Grade XI
                             Global Access to the World of Work 2
Media                 : Gambar yang relevan, Flash Card, Papan tulis, Laptop

VII. Penilaian
1.    Jenis Soal         : Terstruktur dan Non terstruktur
2.    Instrument       : Terlampir
BUTIR SOAL
A.       Make simple dialogue with your partner about Guest Handling!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
B.       In pairs, match the expressions in column hotel receptionist and column guest in order to make good dialogue! Then, act it out with your partner!
No.
Hotel Receptionist
Guest
1.
What can I do for you, sir?
M-E-L-S-O-N-S-A-N-T-O-S-A
2.
Let me see, sir. O.K. We still have two standart rooms-double bed
Is there any room for reservation?
3.
Is it a family, sir?
A few minutes
4.
My suggestion is one standard room-double bed and an extra bed
You’re welcome
5.
Do you need any other thing, sir?
Melson Santosa
6.
When will you check, sir?
Yes of course
7.
Alright, Sir. The room will be ready soon.  By the way could, I have your name, please?
No, thank
8.
I beg your pardon? Could you spell it, please?
I come from England
9.
I’ve got it. Thank you very much, sir
That’s a good idea. I get it
10.
Where do you come from?
Fine, we need a room three persons
3.      Pedoman penilaian
·      Membuat dialog sederhana dengan teman sebelah (Skor maksimal: 20)
Uraian per dialog
Skor
Makna benar, tata bahasa benar
2
Makna benar, tata bahasa salah
1
Makna salah, tata bahasa salah
0
·         Answer the following questions (Skor maksimal   : 20)
Jumlah soal             : 10 soal
Skor per item          : benar x 2
NILAI AKHIR :  20+10 X 10
                                     3
Salatiga, 8 September 2012

Guru Pamong                                                                                      Guru Praktikan




     Risda Milasanti, S.Pd                                                                      Prabowo Putro Awaludin
      
Waka .1 bag Kurikulum
SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA





Drs. Haris Prihantomo

1 komentar: